Employers

Career Advancement

Cara Tepat Meminta Naik Gaji

Anda sudah bekerja bertahun-tahun dan telah memberikan kontribusi pada pertumbuhan perusahaan. Anda juga sudah memberikan sepenuhnya apa yang Anda miliki dan sekarang adalah saatnya untuk menagih hak Anda.

Akan tetapi Anda merasa ragu-ragu untuk meminta naik gaji kepada atasan Anda, kekhawatiran mendapatkan jawaban yang tidak sesuai dengan harapan Anda  ataupun Anda tidak memiliki kemampuan negosiasi yang cukup membuat Anda merasa tidak percaya diri.

Apa yang Anda harus lakukan adalah membuang jauh pikiran tersebut dari kepala Anda. Jangan berasumsi terlebih dahulu bahwa atasan Anda tidak akan memberikan tanggapan positif atas permintaan Anda.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ingat saat meminta naik gaji:

  1. Masuk dengan percaya diri. Jika Anda sudah berpikir permintaan Anda akan ditolak, sebaiknya Anda menunda apa yang hendak Anda lakukan. Tanpa rasa percaya diri Anda tidak akan berada pada posisi negosiasi yang baik dan kemungkinan besar hasil akhir yang akan Anda dapatkan tidak akan sesuai dengan harapan.
  2. Persiapkan data mengenai apa saja pencapaian Anda. Rasa percaya diri tidak akan cukup tanpa bukti yang kongkrit. Buat daftar mengenai pencapaian yang sudah Anda lakukan untuk perusahaan, selain itu tunjukkan bahwa Anda memang berhak atas apa yang Anda minta.
  3. Cari tahu tentang standar gaji di industri perusahaan tempat Anda bekerja. Beberapa perusahaan besar menerapkan gaji berdasar pada beberapa fdaktor: Latar belakang pendidikan, lama bekerja, dan pencapaian. Anda dapat mengetahui hal ini dari teman yang bekerja pada posisi dan industri yang sama dengan Anda.
  4. Ketahui apa yang Anda mau. Yakinlah bahwa Anda tahu apa yang Anda inginkan dari perusahaan, jika Anda sudah mengetahui berapa persen kenaikan gaji yang Anda inginkan maka mulailah negosiasi dengan dasar nilai tersebut. Anda juga dapat mencari alternatif lain seandainya perusahaan tidak memberikan hal tersebut seperti tunjangan, bonus, ataupun peningkatan karier.
  5. Kenali atasan Anda. Mengetahui karakter dan sifat atasan dapat menguntungkan Anda dalam meminta kenaikan gaji, Anda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk meminta apa yang Anda mau dari perusahaan.
  6. Ingat apa saja yang tidak boleh Anda lakukan. Hindari emosi berlebih saat negosiasi, marah atau menunjukkan emosi negatif saat berbicara dengan Atasan akan menimbulkan kesan Anda tidak dewasa. Jangan pernah mengatakan alasan Anda membutuhkan uangnya, atau membandingkan gaji dengan rekan kerja Anda. Yang paling penting jangan mengancam untuk berhenti jika Anda mendapat penolakan.