Employers

Panduan Karier

Masa Transisi


Franz Dirgantoro – Jobstreet.com

Pada awal tahun seperti ini, banyak diantara kita mempunyai posisi baru baik di perusahaan lama maupun di perusahaan baru. Untuk itu diperlukan transisi yang mulus, karena masa transisi sangat penting untuk menentukan performa kita selanjutnya.

Tidak semua perusahaan menyiapkan proses transisi ini dengan baik dan mereka biasanya hanya menyiapkan aspek infrastruktur saja seperti misalnya meja, kursi, telpon, komputer, kart nama dan seterusnya. Tetapi perusahaan jarang yang menyiapkan aspek yang berkaitan dengan soft skills seperti misalnya, menjelaskan bagaimana kultur perusahaan, atasannya seperti apa, tim yang dikembangkan seperti apa atau bagaimana dengan bawahannya dan seterusnya. Untuk itu si pendatang baru perlu menyiapkan hal-hal tersebut sendiri.

Supaya sukses di masa transisi, kita perlu melakukan beberapa hal seperti mencuri start, membuat program 100 hari, mengkontrol apa yang kita katakan dan kita buat, dan juga mengenal lingkungan perusahaan atau bagian secara dini.

Mencuri start artinya sebelum kita bergabung ke perusahaan atau tim baru, kita perlu mencari tahu segala hal dan mebuat rencana-rennca dan strategi bagaimana kita dapat mengembangkan tim dan bisnis di perusahaan. Setelah itu perencanaan dibuat lebih rinci dalam bentuk program 100 hari kita. Dalam program ini, disertakan juga timeline. Cari program yang sensasional dan realistis.

Dalam bekerja, perhatikan cara-cara kita berkomunikasi dan berperilaku sehingga tidak menimbulkan kesan pertama yang buruk. Banyak diantara kita, mulai bekerja dengan datang terlambat. Tentu saja hal ini dapat membuat persepsi buruk.

Terakhir, cobalah mengenal atasan, bawahan dan anggota tim sedini mungkin. Pastikan Anda mengerti peraturan perusahaan pada hari pertama Anda bekerja.

Dengan langkah-langkah di atas, mudah-mudahan Anda akan sukses di tempat yang baru.