Employers

At The Work Place

Manajemen Waktu untuk Ibu yang Bekerja

Setiap Ibu dihadapi dengan tantangan yang sama yaitu Anda bekerja, membesarkan anak, dan memenuhi kebutuhan sehari-hari yang tidak ada habisnya. Yang Anda butuhkan adalah jadwal sehari-hari untuk menjaga keseimbangan bebagai prioritas dan kewajiban yang harus Anda laksanakan. Tidak ada satupun solusi manajeman waktu yang sempurna agar Anda dapat memenuhi seluruh kewajiban Anda di kantor, menghabiskan waktu bersama keluarga, dan menjaga aset terpenting dalam kehidupan Anda yaitu kesehatan.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan jika Anda mengalami situasi diatas:

  • Rencana masa depan. Rencana merupakan dasar paling penting dalam manajemen waktu. Pastiken rencana yang Anda buat adalah rencana yang Anda dapat laksanakan.
  • Prioritas. Tentukan aktivitas apa yang menurut Anda paling penting hingga yang tidak perlu, pilihan ini kadang terasa cukup sulit. Pada saat Anda sudah menentukan prioritas Anda jangan tambahkan aktivitas baru kecuali Anda benar-benar sanggup untuk menjalaninya.
  • Ketahui perkembangan Anda. Semua rencana besar memiliki jadwal atau jenjang waktu untuk mengetahui sejauh mana langkah yang telah Anda capai. Jika Anda membuat sebuah target yang realistis perkembangan Anda seharusnya sesuai dengan jadwal.
  • Delegasikan pekerjaan Anda. Mungkin saja Anda mengerjakan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh orang lain, ketahuilah bahwa mengerjakan pekerjaan orang lain akan menghabiskan waktu dan membuat pekerjaan Anda tertunda.
  • Belajar untuk mengatakan “Tidak”. Kebanyakan orang harus lembur atau mengerjakan pekerjaan dari rumah, akan tetapi jika Anda melakukan hal tersebut terlalu sering maka mungkin sudah saatnya Anda mengatakan tidak, termasuk kepada diri Anda sendiri. Manghabiskan terlalu banyak waktu untuk bekerja dapat membuat kehidupan pribadi dan kehidupan kerja Anda menjadi tidak seimbang.